8 Alasan Saya Menyukai Kopi

8 Alasan Saya Menyukai Kopi

Sudah lama kopi menjadi minuman favorit banyak orang di seluruh dunia. Para penikmatnya semakin hari semakin bertambah. Salah satu buktinya, beragam coffee shop baru bisa kita jumpai di banyak tempat terutama untuk yang tinggal di perkotaan. 


Saya rasa kopi terkadang juga bisa menjadi kebutuhan ketika saya ingin mengerjakan pekerjaan dengan cepat terutama di waktu malam hari. Dari situlah saya mulai mencoba. Pertama kali meminum kopi rasanya pahit. Namun lama kelamaan rasa pahit kopi yang khas akhirnya membuatku menyukainya. 

Apa alasan orang-orang menyukai kopi? Jawabannya pasti akan sangat bervariasi. Namun disini saya ingin menceritakan kenapa saya bisa menyukai kopi. Bisa jadi kita satu pendapat.

1. Rasa pahitnya yang khas sangat berkesan

Alasan yang pertama tentunya adalah rasanya. Rasa pahit pada kopi yang khas terasa memberikan kesan aftertaste yang sangat saya sukai. Rasanya pahit namun sedap, terutama jika ditambah susu yang menambah rasa milky pada kopi.

Menurut saya, kopi yang baik memiliki aroma dan rasa kopi yang kuat namun tidak terlalu pahit. Jika dikombinasikan dengan susu, rasa kopi harus tetap menonjol. Jangan sampai aroma dan rasanya tenggelam oleh rasa susu. 

2. Ketika aktivitas menumpuk, kandungan kafeinnya ampuh untuk melawan ngantuk


Sudah rahasia umum bahwa kopi bisa dijadikan obat untuk melawan ngantuk. Karena itu, saya sendiri suka meminum kopi ketika ingin tidur larut malam atau ingin tidak tidur siang. Karena apa? Karena kopi sangat membantu saya untuk lebih produktif pada waktu itu. Sehingga pekerjaan atau aktivitas terlaksana dengan lebih baik.

Kafein adalah kandungan utama yang membantumu untuk tidak mengantuk. Kafein bekerja dengan menghambat kemampuan otak menyerap adenosin, yang membuat akitivitas saraf melambat dan mengakibatkan ngantuk. Kafein juga meningkatkan dopamin pada tubuh yang membuatmu menjadi energik.

3. Sangat cocok untuk ikut menemani nongkrong bersama teman.

Kopi adalah minuman favorit saya ketika nongkrong bersama teman. Kopi menghilangkan rasa ngantuk ketika sedang ngobrol bersama teman. Dengan itu, percakapan berjalan lebih lancar. Selain itu, kopi juga menambah suasana menyenangkan dan asik.

Umumnya, nongkrong dengan ditemani kopi dilakukan oleh anak muda di kafe. Kafe biasanya menyediakan berbagai macam menu kopi yang disajikan dengan lebih professional. Selain itu juga, pada umumnya kafe memberikan dekorasi yang mendukung suasana nongkrong bersama teman.

4. Selain nongkrong, juga asik untuk menemani ketika membaca, bersantai dan mengerjakan tugas

Rasa dan aroma kopi sangat cocok untuk menemani berbagai aktivitas. Ketika membaca dan mengerjakan tugas kopi bisa membantu untuk fokus. Ketika bersantai, kopi menghadirkan kenyamanan.

Kopi juga bisa membantu untuk mencari ide percakapan. Misalkan ketika bingung dengan topik apa yang dibahas kamu bisa mengawali topik percakapanmu dengan mengomentari kopimu. Kopi juga bisa menghilangkan rasa ngantuk yang membuat konsentrasi memudar.

5. Memiliki banyak variasi resep

Kopi sangat cocok untuk dicampurkan berbagai bahan, seperti susu, madu, coklat dan masih banyak lagi. Bahan-bahan tersebut menghadirkan banyak resep kopi baru yang lebih kaya rasa. Beberapa varian resep kopi mungkin sudah tidak asing ditelinga kalian, mocha, latte, cappuccino dan sebagainya.

Beda takaran bahan pun sudah bisa menghasilkan rasa dan nama minuman yang berbeda. Lihat saja pada cappuccino, latte dan flat white yang sama-sama paduan antara kopi dan susu namun memiliki rasa, tekstur dan nama yang berbeda-beda. Hal semacam itu tidak banyak dijumpai oleh jenis minuman lain.

6. Selain banyak variasi resep, variasi tehniknya juga banyak

Menyeduh kopi tidak hanya yang sesederhana kopi sachetan saja. Di berbagai coffee shop kalian bisa lihat penyajian kopi yang menggunakan mesin espresso. Sebelum menggunakan mesin espresso, bubuk kopi dibuat dengan menggiling biji kopi. Tidak menggunakan bubuk sachetan.

Selain itu, masih banyak tehnik yang bisa kamu bisa pelajari. Selain yang menggunakan mesin, ada tehnik manual brewing. Tehnik manual brewing terdiri dari pour over, french press, mokapot, cold brew dan masih banyak lagi. Banyaknya variasi tehnik menjadikan membuay kopi terasa lebih menyenangkan dan mempelajarinya sangat asik.

7. Kopi juga memiliki banyak variasi seni yang keren

Selain mempelajari tehnik pembuatan, kamu juga bisa mempelajari seni dalam menyajikan kopi. Kamu bisa menyajikan karya seni di cangkirmu.Hal ini juga menjadi hal yang menyenangkan dari kopi dan jarang ditemui pada minuman lain. 

Salah satunya seni menyajikan kopi yang terkenal adalah latte art. Yaitu dengan menggambar motif cantik diatas latte dengan susu. Susu yang digunakan tidak sembarangan. Susu yang digunakan susu pasteurisasi dan harus difrothing untuk menghasilkan tekstur yang bisa digunakan untuk latte art yang indah.

8. Banyak yang bisa dipelajari dari kopi

Seperti yang saya tuliskan sebelumnya, kopi memiliki banyak tehnik, resep dan seni. Namun tidak sampai disitu saja. Jika kamu ingin lebih professional kamu juga perlu belajar tehnik menanam, mengolah dan roasting kopi. Selain itu juga, kamu juga perlu belajar sains.

Selain kamu mempelajari teori, kamu perlu juga mengasah kemampuanmu untuk mempraktikkannya langsung. Kamu perlu latihan dan pembiasaan untuk hal ini. Tidak kalah penting juga untuk menghayati tiap detik proses penyajian kopi supaya hasilmu semakin sempurna.

Photo by Drew Coffman on Unsplash

Komentar