Pentingnya Rasio Air Ketika Menyeduh kopi

Pentingnya mempertibangkan rasio air ketika ingin menyeduh kopi

Takaran air pada kopi merupakan suatu hal yang patut diperhatikan. Banyaknya air yang akan digunakan dalam menyeduh kopi akan mempengaruhi proses ekstraksi dan juga kepekatan rasa yang dihasilkan. Untuk menemukan rasio yang tepat tidak cukup jika hanya membaca berbagai artikel, referensi, buku dan sebagainya. Sebenarnya, rasio air bisa kamu temukan dari pengalamanmu sendiri. Lantas, sebenarnya apa sih rasio air atau  water ratio itu?


Apa itu rasio air?


Rasio air atau water ratio ialah perbandingan banyaknya kopi dengan air. Rasio air bukanlah ilmu pasti. Mencari perbandingan antara kopi dan air yang tepat tidak cukup jika hanya mengandalkan referensi. Meskipun ada rasio air yang sudah sangat populer, seperti 1:15 atau 1:12 atau 1:18 dan sebagainya. Bahkan, sekalipun 1:18 yang digadang-gadang sebagai golden ratio, tetap ini bukanlah ilmu pasti. Kamu perlu banyak pengalaman menyeduh kopi untuk menemukan rasio yang paling cocok buatmu.


Bagaimana cara membaca rasio air?


Adapun cara membaca rasio air seperti berikut:
  • Umumnya menggunakan perbandingan gram: mililiter. Gram untuk kopi dan mililiter untuk air.
  • Angka yang lebih besar adalah air dan yang lebih kecil adalah kopi. Sebagai contoh 1:18 atau 18:1, maka berarti satu gram kopi berbanding 18 mililiter air.

Bagaimana cara menemukan rasio air yang tepat?


Untuk bisa mendapatkan rasio air yang tepat diperlukan pengalaman berulang kali untuk merasakan tiap kopi dengan rasio air berbeda. Dari situ, kamu bisa analisis dan catat kemudian ambil kesimpulannya. Ingat, tidak cukup jika hanya membaca berbagai referensi. Menyajikan kopi bukanlah ilmu yang pasti, berbeda dengan matematika. Kamu perlu bereksperimen dan berlatih terus menerus untuk menemukan berbagai rasio yang tepat untuk berbagai menu kopimu. Bahkan bisa jadi kamu perlu melanggar aturan-aturan pada referensi yang kamu baca untuk lebih banyak mengeksplor rasa yang dihasilkan dari berbagai rasio.

Seperti yang sudah dikatakan tadi, rasio air bukanlah ilmu yang pasti. Jika kamu menyeduh dengan kopi yang berbeda, grinding size yang berbeda dan metode yang berbeda, maka bisa jadi kamu perlu rasio yang berbeda juga untuk menghasilkan versi terbaik kopi tersebut. Mengapa? Karena tiap kopi, grinding size dan metode menghasilkan karakteristik rasa yang berbeda-beda. Terutama metode coldbrew yang umumnya jika kamu menggunakan rasio sekitar 1:18 maka cold brew umumnya menggunakan rasio sekitar 1:5.

Sumber gambar: Coffee Museum 
Sumber: Fellow Products

Komentar