10 Menu Kopi Dari Berbagai Negara Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

10 Menu Kopi Dari Berbagai Negara Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Kopi sudah begitu dikenal sejak lama. Menurut Wikipedia, kopi pertama kali dikenal oleh suku Galla Afrika Timur pada tahun sekitar 1000SM. Dengan durasi yang begitu lama, kopi kini tak melulu hanya kopi susu dan kopi hitam. Masih sangat banyak resep kopi lain yang menyebar di seluruh bumi. Ada yang mengombinasikan kopi dengan rasa asam, arang, rempah-rempah dan sebagainya. Banyak negara yang memiliki budaya kopi mulai dari cara meminumnya, membuatnya, maupun bahan-bahannya. Masih banyak minuman kopi yang mungkin belum kita kenali hingga kini. Bahkan, kini banyak resep kopi baru yang bermunculan. 

Kopi masih terus berkembang dari dulu hingga kini dan masih menjadi minuman favorit banyak orang. Berikut terdapat beberapa menu kopi dari berbagai negara yang unik dan yang mungkin belum banyak yang tahu. Apa saja? Simak Berikut ini.

1. Mazagran

Mazagran, kopi lemon khas portugal

Campuran kopi dengan susu adalah hal yang biasa untuk menikmati kopi. Namun bagaimana Jika kamu campur kopi yang pahit dengan lemon yang asam? Di Portugal campuran ini dinamakan mazagran. Direkomendasikan untuk meminum minuman ini dalam keadaan dingin ditambah es batu. Minuman ini biasa diminum untuk menyegarkan suasan saat musim panas. 

Kamu bisa membuatnya hanya dengan mencampur kopi dengan perasan air lemon. Biasanya mazagran dinikmati dengan menambahi es batu. Seiring perkembangan zaman, kopi dengan air lemon ada yang ditambah dengan berbagai hal, seperti air tonik.

2. Kaisermelange

Telur dengan kopi mungkin terdengar tidak lazim di telinga kita, khususnya orang Indonesia. Namun nyatanya, di Austria campuran telur dan kopi yang ditambah dengan madu menjadi sesuatu yang khas. Mereka menyebutnya Kaisermelange atau yang berarti campuran ala kaisar. Kaisermelange biasa disajikan dengan mecampurkan kopi hitam, kuning telur dan madu. Beberapa orang menambahkan kaisermelange dengan cognac ataupun whipped cream.

3. Yuanyang

Kamu suka teh dan kopi? Jika ya kamu bisa mencoba Yuanyang. Yuanyang merupakan minuman khas dari Hongkong. Selain di Hongkong, minuman ini juga biasa dijumpai di Cina dan di Malaysia. Kamu juga bisa menjumpai Yuanyang di Eropa yang lebih akrab dipanggil Cofftea atau singkatan dari coffee and tea Yang membuatnya khas ialah komposisinya yang terdiri dari teh dan kopi yang hampir sebanding banyaknya. Yuanyang disajikan dengan mencampurkan kopi (biasanya robusta), black tea dan susu kental manis. Yuanyang berarti 'bebek Mandarin' yang pada budaya Tiongkok merupakan simbol kesempurnaan cinta karena biasanya hewan ini hampir selalu bersama pasangannya.

Dari sini, Starbucks mampu menemukan peluang untuk mengembangkan frappuccinonya. Frappuccino yang dibuat dengan memblend yuanyang . Uniknya lagi, minuman ini hanya tersedia untuk Hong Kong dengan nama Yuen Yeung Frappuccino Blended Cream.

4. Meringue Coffee

Seni di atas kopi dengan meringue coffee

Intinya, meringue coffee adalah kopi yang ditambah dengan biskuit meringue diatasnya. Namun, yang membuatnya lebih spesial yakni nilai estetika yang bisa disajikan dari biskuit meringue. Jika sebelumnya kamu terkesima dengan indahnya latte art, meringue coffee juga memiliki art yang tidak kalah indahnya. Art yang disajikan dari meringue coffee dapat berupa tiga dimensi, berbeda dengan latte art yang yang hanya dua dimensi layaknya lukisan.

Meringue Coffee pertama kali diciptakan di sebuah kedai kopi bernama Take Out Drawing yang terletak di Seoul Korea Selatan. Penyajiannya yang indah mengundang rasa penasaran bagi banyak orang sekaligus menjadikannya sebagai menu yang instagramable. Dengan itu, meringue coffee bisa populer dengan cepat. Mengembangkan meringue coffee bisa jadi peluang buat kamu yang memiliki coffee shop.

5. Kopi Jos

Indonesia juga memiliki menu kopi yang tidak kalah unik dari negara lain. Salah satunya yakni kopi jos yang merupakan menu khas Yogyakarta. Biasanya, kopi jos disajikan di pinggir jalan Yogyakarta sehingga memberikan suasana yang ramai ketika menikmatinya. Yang menjadikan kopi jos spesial ialah penyajiannya dengan memasukkan arang yang membara kedalam kopi. Uniknya lagi, menu yang disajikan tidak hanya kopi hitam yang panas. Mereka juga menyajikan kopi hitam dingin, kopi susu panas maupun dingin. Harga yang ditawarkan pun sangat murah, yakni 4 ribu rupiah saja.

6. Caffe de Olla

Adalah kopi khas meksiko yang menggunakan rempah-rempah. Jika kita umumnya hanya memadukan kopi dengan gula, mereka menambahkan kayu manis dan gula untuk membuat cita rasa minumannya. Uniknya lagi, gula yang digunakan tidaklah sembarangan. Mereka menggunakan pilloncillo atau dark brown sugar khas meksiko. Hal itu akan menghasilkan citarasa pemanis yang khas.  Untuk tetap menonjolkan rasa pahit kopi, umumnya mereka menggunakan kopi dark roast. Di sisi penyajian, mereka biasa menyajikan Caffe de Olla di cangkir tembikar dari tanah liat. Bahkan, mereka juga suka merebus kopinya didalam tembikar karena menurut mereka tembikar dari tanah liat memberikan aroma yang khas.

7. Kaffeost

Apa jadinya jika kopi yang pahit dipadukan dengan asinnya keju? Hal ini dilakukan di Finlandia kepada minuman khasnya, yakni kaffeost. Kaffeost memadukan kopi dengan potongan-potongan keju berbentuk dadu seukuran sekitar satu sendok teh yang dimasukkan kedalamnya. Umumnya, mereka menggunakan 2-3 blok keju untuk satu cangkir kopi. Namun ada yang membuatnya menjadi lebih spesial, yakni memerlukan keju khusus untuk membuat kaffeost. Lazimnya kaffeost menggunakan keju bernama leipƤjuusto. LeipƤjuusto  ini bisa dibuat menggunakan susu sapi, kambing dan yang paling direkomendasikan yakni susu rusa.


8. Ca Phe Trung

Selain kaisermelange khas Austria, Vietnam juga memiliki kopi khasnya yang mencampurkan kopi dengan telur. Mereka serupa namun tak sama. Ca phe trung juga menggunakan kuning telur dan menambahkan susu kental manis sedangkan kaisermelange menambahkan madu. Kuning telur pada kopi menambah tekstur creamy yang khas. Jika kamu khawatir dengan telur mentah, kamu bisa menggantinya dengan telur pasteurisasi


9. Bac Xiu

Jika selama ini kamu terbiasa meminum kopi susu , maka cobalah kamu buat susu kopi. Di vietnam minuman susu kopi dikenal dengan nama bac xiu. Bac xiu dibuat dengan minuman susu yang dibubuhi dengan sedikit kopi sehingga rasa pahit pada kopi tidak terasa. Minuman ini sangat cocok untuk orang yang ingin merasakan kopi tetapi tidak tahan dengan pahitnya kopi. Unik ya?

10. Turkish Coffee


Kopi Turki dengan cezve

Turkish Coffee adalah minuman khas turki yang memiliki cara pembuatan yang berbeda pada umumnya. Minuman ini dibuat dengan alat berupa pot berlengan panjang khas turki, yakni cezve atau ibrik yang umumnya terbuat dari tembaga namun bisa juga dibuat dengan stainless steel, keramik, bahkan perak. Cara penyajiannya dengan memasukkan kopi, air dan gula sesuai selera ke dalam pot yang kemudian dipanaskan. Selain menggunakan kompor gas atau pun elektrik, kamu juga bisa memasak turkish coffee menggunakan pasir yang dipanaskan. Umumnya, turkish coffee menggunakan kopi dengan gilingan yang sangat halus atau very fine.

Itulah berbagai macam menu unik dari berbagai negara di seluruh dunia. Mungkin kamu bisa jadikan menu tersebut sebagai inspirasimu untuk mengembangkan resep. Buat yang punya coffee shop, bisa jadi menu-menu tersebut cocok untuk dijadikan daftar menu di coffee shopmu. 

Photo by: Roos Oosterbroek on UnsplashMarco Secchi on Unsplashrawpixel on Unsplash dan Pinterest


Komentar