10 Minuman Terfavorit Yang Biasa Dijumpai di Cafe



Cafe kerap dijadikan tempat favorit buat nongkrong bagi anak muda. Suasana yang dihadirkan terasa sangat asik untuk mengobrol bersama kawan. Menu-menunya juga umumnya ringan, tidak terlalu banyak, cocok untuk menemani nongkrong. Selain untuk nongkrong, cafe juga kerap dijadikan tempat untuk mengerjakan tugas, internetan dan sebagainya. Menu-menu dan suasana cafe sangat mendukung beragam aktivitas.

Menu-menu pada cafe didominasi dengan makanan yang porsinya sedikit yang cocok buat ngemil. Cocok untuk dinikmati sambil mengobrol, mengerjakan tugas, internetan dan sebagainya. Makanan yang disediakan umumnya cocok dinikmati bersama minuman yang disediakan di cafe tersebut. Minuman pada cafe biasanya adalah minuman favorit para anak muda. Diantara beragam minuman yang biasa disediakan cafe, menurut saya berikut adalah yang terfavorit.

1. Latte

Paduan minuman terfavorit di dunia, yaitu kopi dan susu. Minuman ini jelas biasa ditemukan di cafe manapun. Minuman ala cafe ini memiliki rasa kopi yang lemah. Cocok dinikmati untuk orang yang tidak seberapa suka kopi sekalipun.
Latte adalah minuman espresso yang dicampur dengan steamed milk menghasilkan tekstur foam tipis diatasnya. Beberapa cafe juga ada yang melengkapi lattenya dengan latte art.

Dalam seporsi latte, takaran susu yang terkandung lebih banyak dibanding kopi. Kandungan foam susu diatasnya tipis, lebih tipis dari cappuccino. Hal ini menyebabkan latte memiliki rasa yang milky.

2. Cappuccino

Tidak jauh berbeda dengan latte. Cappuccino memiliki kandungan yang sama, yaitu kopi dan susu. Takaran susu cappuccino lebih sedikit dari latte namun memiliki foam yang lebih tebal. Takaran pada cappuccino bisa kamu ilustrasikan menjadi sepertiga espresso, sepertiga susu dan sepertiga foam.

Namun tidak harus semuanya pas sepertiga. Yang jelas, jika ada menu kopi yang mengandung steamed milk namun memiliki foam yang lebih tebal dibanding latte pada suatu cafe tersebut, maka minuman tersebut adalah cappuccino. Foam pada cappuccino lebih terasa dibanding latte. Perlu diingat juga, pada cappuccino tidak terdapat art layaknya latte.

3. Soda

Soda memiliki sensasi seru yang unik dan berbeda dengan jenis minuman lain. Hal ini dikarenakan kandungan asam karbonatnya yang memberikan sensasi menggigit ketika diminum. Soda dibuat dengan melarutkan gas karbondioksida (CO2) ke dalam air. Bila karbondioksida diinjeksi dengan tekanan tinggi maka akan menghasilkan asam karbonat yang memberikan sensasi soda ketika diminum.

Umumnya soda yang dijual di cafe-cafe diracik menggunakan air soda yang murni, belum dicampur dengan berbagai rasa. Kemudian mereka mencampurkan air soda dengan berbagai bahan yang mereka miliki sesuai dengan resep mereka. Umumnya, mereka menggunakan sirup buah untuk menambah rasa buah pada minuman soda mereka.

4. MilkShake

Milkshake adalah susu yang di campur dengan es krim, sirup dan bahan lainnya yang kemudian di kocok dengan blender. Selain dengan blender, kamu juga bisa memakai gelas shaker untuk membuat milkshake. Dengan bahan dasar berupa susu, milkshake memiliki rasa yang lebih ringan dan tidak membuat perut sakit dibanding kopi dan soda.

5. Thai Tea

Teh dengan rasa milky dan warna oranye yang khas sukses membuat minuman ini menjadi favorit banyak orang. Teh yang digunakan pada thai tea bukanlah sembarang teh. Thai tea dibuat dari teh ceylon yang banyak tumbuh di Bai Miang. Teh tersebut kemudian dicampur dengan beragam rempah-rempah yang membuatnya memiliki rasa dan aroma yang khas. Untuk rasa milkynya, banyak pedagang-pedagang thai tea yang menambahkan susu kondensasi dan susu evaporasi pada teh.

6. Milk Tea

Meskipun sama-sama memiliki rasa yang milky, milk tea jelas berbeda dengan thai tea. Warnanya lebih coklat. Teh yang digunakan juga berbeda, kamu bisa menggunakan teh melati ataupun yang lain untuk membuat milk tea. Dengan komposisi yang agak berbeda, yaitu intinya teh dan susu. Tidak harus menggunakan beragam rempah-rempah layaknya thai tea. Selain itu, minuman ini juga sering disajikan dengan bubble.

Meskipun bahan dasarnya sangat sederhana, minuman ini seringkali tetap laris di pasaran. Cocok untuk dijadikan ide bisnis tanpa membutuhkan modal besar. Kemampuanmu meracik resep simpel milk tea perlu dilatih sebaik mungkin untuk menyajikan milk tea terfavorit pelanggan.

7.Matcha Tea

Sebenarnya, matcha dan green tea adalah dua hal yang berbeda. Meskipun keduanya berwarna hijau. Matcha memiliki warna yang lebih pekat dan kental serta rasa teh yang lebih kuat. Jika dicampur dengan susu, matcha memiliki rasa yang lebih creamy dibanding green tea yang dicampuri susu.

Cara penyajiannya pun berbeda. Green tea bisa kamu seduh layaknya daun teh. Sedangkan, pada matcha tea kamu bisa seduh layaknya minuman bubuk. Sehingga seluruh komponen dari bubuk matcha kamu konsumsi.

8. Juice

Biasanya, tiap cafe memiliki menu yang ringan, yaitu umumnya juice. Tidak hanya ringan, juice juga merupakan menu yang sehat karena didalamnya terkandung beragam buah-buahan.  

9. Smoothie

Tidak jauh berbeda dengan juice. Selain memgandung buah, smoothie juga mengandung susu yang memberikan rasa creamy dan milky. Umumnya smoothie menggunakan buah strawberry.

10. Iced Chocolate

Selain menjadi makanan favorit, coklat juga bisa menjadi minuman favorit. Iced chocolate dibuat dengan bubuk kakao yang dicampuri dengan air. Untuk mendapat hasil yang lebih maksimal, banyak beragam topping yang cocok untuk menghiasi iced chocolate, salah satunya whip cream. 

Selain iced chocolate, orang-orang juga banyak yang menikmati coklat dalam bentuk minuman hangat atau hot chocolate. Kandungannya sama, hanya saja suhunya yang berbeda.

Gambar: Manipulasi dari

Komentar