Spit Monkey Coffee, Kopi Dengan Rasa Dari Khas Air Liur Monyet


Kopi langka dari bekas kunyahan monkey, spit monkey coffee menjadi kopi yang cukup mahal dan langka

Mungkin kamu sudah biasa mendengar kopi dari kotoran hewan seperti kopi luwak atau kopi jacu. Kopi yang memanfaatkan insting hewan untuk mencari biji kopi terbaik dan memanfaatkan sistem pencernaan hewan untuk menghasilkan citarasa yang khas. Namun ada hal yang lebih unik lagi, yakni kopi yang memanfaatkan air liur monyet untuk citarasa yang unik. Kopi tersebut dikenal dengan sebutan spit monkey coffee. 

Apa itu spit monkey coffee?

Spit monkey coffee adalah produk kopi langka yang dibuat dengan memanfaatkan hewan, yakni rhesus monkey. Berbeda dengan luwak ataupun jacu yang memanfaatkan pencernaan hewan dan diolah dari kotoran, spit monkey coffee dibuat dengan kopi yang dikunyah oleh monyet rhesus yang kemudian bijinya dibuang dari mulutnya kembali. Air liur monyet rhesus diklaim mampu merubah citarasa kopi. 

Setelah monyet membuang bijinya, biji diambil kemudian dibilas, dicuci, diproses dan dikeringkan. Biji yang telah kering akan tampak lebih berwarna keabu-abuan dibanding biji pada umumnya yang lebih hijau. Terkadang, biji spit monkey coffee terdapat bekas gigitan monyet. Setelah kering biji bisa diroasting atau dipanggang layaknya biji kopi pada umumnya.

Dimana spit monkey coffee diproduksi?

Spit monkey diproduksi di Chikmagalur, India. Chikmagalur berlokasi di negara bagian Karnataka. Wilayah tersebut memiliki kondisi yang subur, berbukit-bukit dan bercurah hujan tinggi. Disana terdapat sekitar 60 persen dari total seluruh tanaman kopi di India. Beberapa kebun kopi disana terletak dekat dengan hutan dimana monyet rhesus tinggal. 

Bermula dari mana spit monkey coffee diproduksi?

Karena letak habitat moyet rhesus yang dekat dengan perkebunan kopi, terkadang mereka mengunjungi perkebunan tersebut. Di perkebunan tersebut mereka memilih biji kopi terbaik berdasarkan insting mereka, mengunyahnya kemudian membuang bijinya. Setelah beberapa lama, beberapa petani kopi mulai mempelajari untuk mengolah biji kopi bekas kunyahan monyet rhesus untuk dijadikan sebuah produk.

Berapa harga untuk spit monkey coffee?

Sebagaimana lazimnya kopi yang dibuat dengan memanfaatkan hewan, spit monkey coffee tidaklah murah. Harga untuk satu ponnya bisa mencapai sekitar $320 US atau sekitar 4,85 juta rupiah. Produk langka ini hanya diproduksi di sedikit tempat dan pembuatannya juga berbeda dengan kopi mahal umumnya.


sumber: The Spruce Eats
Sumber gambar: Wikipedia

Komentar