Bagaimana suhu bisa mempengaruhi rasa kopi

Bagaimana suhu bisa mempengaruhi rasa kopi

Untuk mendapatkan secangkir yang nikmat tidaklah sembarangan. Para ahli memiliki berbagai teori yang mereka aplikasikan dalam membuat secangkir kopi terbaik. Ilmu dalam menyeduh sangatlah luas. Bahkan, tiap negarapun bisa jadi memiliki metode yang berbeda. Tiap orang memiliki seleranya tersendiri. Dari situlah resep ataupun metode menjadi beragam.

Dalam hal suhu sekalipun perlu diperhatikan untuk secangkir kopi yang terbaik. Tidak bisa terlalu panas maupun terlalu dingin. Tiap orang memiliki versi yang berbeda-beda dalam menentukan suhu terbaik untuk menyeduh kopi. Sekalipun seorang ahli, dia tidak bisa memaksakan suhu hasil risetnya adalah yang terenak untuk menyeduh kopi. Tiap orang memiliki lidah yang berbeda, hal itu tidak bisa diperdebatkan. Lantas, bagaimana hanya sebuah suhu dapat mempengaruhi rasa kopi?

Pengaruh suhu yang panas maupun dingin

Menurut riset dari Five Sense Barista, suhu kopi ternyata dapat mempengaruhi rasa pada kopi meskipun hanya dalam skala kecil. Secara teori, suhu pada air mampu mempengaruhi laju reaksi. Semakin panas semakin cepat dan semakin dingin akan semakin lambat.

Semakin panas suhu, proses ekstraksi pada kopi akan berlangsung lebih cepat. Hal ini menyebabkan karakteristik rasa yang lebih body dan manis pada kopi. Dengan suhu yang berlebihan, ini akan menyebabkan hilangnya karakter rasa pada kopi. Sebaliknya, apabila kopi diseduh dengan suhu yang terlalu rendah atau dingin, ektraksi pada kopi akan menjadi sangat lambat. Perlu banyak waktu untuk mampu mengekstraksi kopi dengan optimal. Hal ini menyebabkan rasa kopi menjadi lebih asam dan karakter bodi serta manis pada kopi menjadi berkurang. 

Jadi, bagaimana cara mengontrol suhu untuk bisa tetap pada suhu ideal?

Umumnya, tiap metode seduh kopi menggunakan air bersuhu 90-96 derajat celcius. Sedangkan, air mendidih memiliki suhu 100 derajat celcius. Ada beberapa orang yang beranggapan bahwa jika tidak memiliki thermometer, untuk mencapai suhu yang ideal kamu bisa membiarkan air selama 30 detik setelah mendidih. Untuk hasil yang lebih akurat tentunya kamu membutuhkan thermometer. Selain menggunakan thermometer, ada juga yang menggunakan kettle yang dilengkapi dengan pemanas elektrik yang bisa siatur suhunya. Nantinya, ketika air sudah mencapai suhu yang diatur, pemanas akan otomatis mati dan air siap digunakan. Tentunya, harga kettle yang semacam ituakan lebih mahal.

Selain dengan alat-alat yang memang khusus untuk mengontrol suhu, alat seduh yang kamu gunakan juga bisa memiliki peran disini. Alat-alat seduh seperti pour over ataupun frenchpress yang berbahan plastik tentunya berbeda dengan yang berbahan keramik atau kaca. Jika kamu ingin mendapatkan suhu yang lebih konsisten dan terjaga pada saat menyeduh, alat berbahan keramik dan kaca lebih cocok dijadikan pilihan. Namun, umumnya alat seduh yang berbahan keramik atau kaca memiliki harga yang lebih mahal dibanding yang berbahan plastik.

Meskipun begitu, apakah suhu ideal selalu lebih baik untuk menyeduh kopi?

Karena kopi bicara mengenai rasa, saya rasa kita tidak bisa mengklaim bahwa suhu yang ideal selalu lebih baik dari suhu diluar itu. Secara umum mungkin suhu tersebut memang seringkali cocok untuk menyeduh dengan berbegai bijikopi apapun ataupun metde apapun. Namun, untuk bisa membuat secangkir kopi yang terbaik, tetaplah kamu perlu banyak-banyak eksperimen. Tidak hanya berkesperimen dengan suhu ideal, tapi cobalah untuk menggunakan suhu-suhu diluar itu untuk menemukan rasa kopi yang baru. 

Apakah kopi selalu diseduh dengan air panas?

Selain kopi yang disajikan dengan air panas, ada juga metode seduh yang menggunakan air dingin. Metode tersebut ialah cold brew dan cold drip. Metode ini akan membutuhkan waktu yang sangat lama. Umumnya, untuk cold brew banyak yang menggunakan waktu kurang lebih 8 jam untuk ektsraksi kopi. Meskipun begitu, tetap saja soal rasa tidak dapat diperdebatkan. Cobalah terus bereksperimen untuk mendapatkan suhu terbaik dalam menyeduh kopi.

Nah, itulah pengaruh suhu pada rasa kopi. Untuk bisa mendapatkan secangkir kopi terbaik, kamu perlu memperhatikan semua variabel dalam menyeduh kopi termasuk pula suhu. Selain itu, teruslah bereksperimen untuk menemukan rasa baru.

Source: Otten Coffee dan The Kitchn
Photo by: Manki Kim on Unsplash

Komentar